Kumpulan Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Terbukti Berhasil

Cache atau sampah di komputer jika tidak dibersihkan bisa membuat lemot. Percaya ngga, minimal 7 hari sekali cache di komputer harus dibersihkan. Beda lagi dengan sampah yang ada di Recycle Bin, dia harus dibersihkan 1 bulan sekali. Nah, kadang, kita merasa ada yang dibutuhkan ketika sudah membersihkan Recycle Bin.



Kamu pernah mengalaminya, sob? kalau kamu pernah mengalami berarti sama. Iya, suatu ketika saya pernah menghapus gambar di folder harddisk, tapi ternyata beberapa hari kemudian gambar itu dibutuhkan. Masalahnya ketika saya merasa butuh, file itu sudah dihapus. Kemudian di Recycle Bin, ternyata sudah dihapus juga. Panik dan cemas banget.


Tenang. File terhapus dari Recycle Bin, bukan berarti hilang selamanya, kok. Karena itu sifatnya sementara dan masih ada di Harddisk. Jadi kamu hanya perlu cara singkat agar bisa kembali lagi. Oke, caranya bagaimana? saya akan ulas sedikit sekitar 3 cara untuk restore. Siap?


Tutorial restore file di Recycle Bin


1. Memanfaatkan Fitur Bawaan Windows

Ini cara pertama, paling simpel dan praktis. Selain itu kamu ngga perlu instal aplikasi apapun. Nah, yang perlu kamu lakukan hanya membuka folder awal dan kemudian klik restore. Tutorialnya di bawah ini.

Ketahui dulu di mana kamu menyimpan file tersebut. Misal kamu menyimpan di folder wisata. Nah, umpama saya menghapus 3 file di bawah ini. Cek gambar ya!


3 file terhapus dari folder wisata. Kemudian ketika saya ingin restore dari Recycle Bin, ternyata sudah terhapus juga. Maka saya hanya perlu melakukan trik singkat berikut, agar file kembali lagi. Simak nih.

  • Buka folder tempat menyimpan file asal
  • Kemudian klik kanan pada folder. Dalam contoh ini saya pakai folder wisata, karena saya menyimpan foto tadi di sini. Kemudian, setelahnya klik kanan, "restore previouse"

Setelahnya akan muncul gambar seperti di bawah ini. Dan jika sudah yakin, maka klik "Restore"


Setelah direstorem file terhapus akan kembali masuk ke foder Wisata. Ngga percaya? silahkan praktek saja dulu. Kemudian baru komentar. Ini lebih arif dan bijaksana daripada komentar sebelum praktek. Kita masuk ke cara kedua.

2. Wondershare Data Recovery

Hampir semua file bisa direcovery dengan aplikasi ini. Sesuai namanya, dia akan bekerja untuk merecovery data yang terhapus. Kabar baiknya bukan cuma di Recycle Bin, namun di Harddisk, Flashdisk dan semisalnya. Ukuranya juga tidak besar sekali.

Menariknya, bukan hanya recovery tetapi juga bisa untuk merawat Harddisk yang rusak dan banyak lagi. Sekitar 3 jenis pemulihan. Kabar menariknya, aplikasi ini cukup ampuh dan tidak bayar. Langsung saja yuk!

  • Kamu download dulu software  Wondershare Data Recovery
  • Kemudian instal seperti biasa. Sebelum digunakan setting dulu. Perhatikan gambar di bawah ini


  • Setting di sini adalah menentukan jenis file yang akan direcovery, mulai dari Photo, Mp3, Video atau semisalnya. Jika sudah maka klik "Next" untuk melanjutkan.
  • Setelah klik next, tentukan di mana kamu akan mencari file tersebut. Misal kamu menghapus di Recycle Bin, maka lokasi di isi dengan Recycle Bin. Kemudian klik Next. Perhatikan gambar di bawah ini.



  • Langkah selanjutnya adalah memulihkan file dari Recycle Bin.  Setelah klik Next, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Tentukan file yang akan dicari kemudian klik Restore. Perhatikan gambar!

Sampai di sini sudah selesai. Dan kamu bisa tersenyum lega. Jadi, file penting sudah kembali. Oya, untuk file word, biasanya butuh perbaikain sedikit. Makanya, ngga akan sempurna 100 persen. Editing doang sih. Jadi mari kita praktek.

Tutorial ini saya akhiri sampai di sini dulu. Harapannya sih, bisa berguna untuk kamu semua. Jangan lupa share ya. Semoga bermanfaat dan nantikan update dari saya berikutnya. Salam.